Cara Membuat Telur Asin Tanpa Pasir Tanpa Abu

kenapa di sebut telur asin nano-nano, karena rasanya itu, Pedes, Gurih dan aroma wangi dari jahe yang segar serta warnanya mampu menggoda iman kita serasa ingin segera  melahapnya, pokonya tidak kalah rasanya dengan Telur Asin Brebes dan berikut ini adalah resepnya, silahkan catat bund ya. 
Resep Membuat Telur Asin

Bahan - Bahan
  • Telur bebek yang masih baru dan segar sebanyak 10-20
  • Garam 300-500 gram (garam dapur, garam kasar atau garam gosok)
  • Bawang putih sebanyak 6 siung lalu geprek sama kulitnya
  • Cabe merah sebanyak 7 buah lalu di geprek
  • Jahe sebanyak 5 cm lalu di geprek
  • Air sebanyak 1,5 – 2 liter
  • Toples ukuran sesuai banyaknya telur dengan berbahan plastik atau kaca yang terpenting bisa di tutup dengan rapat.

Cara Membuat Telur Asin Nano-Nano
  1. Pertama rendam 20 butir telur di dalam air yang bersih selama 2 menit, lalu perhatikan telurnya “jika telur ada yang mengapung” itu tandanya telur tersebut kurang bagus, jadi di sarankan jangan digunakan.
  2. Setelah 2 menit dan telur di sortir bersihkan satu persatu menggunakan spon sampai bersih dan kotoran yang menempel bersih, gunanya untuk supaya kotoran tersebut tidak menyebabkan telur rusak ketika telur dalam proses pengasinan.
  3. Keringkan telur yang sudah di cuci bersih, lalu gosok menggunakan amplas halus, tujuanya  untuk membuka pori-pori telur, tetapi jangan terlalu lama juga dalam menggosoknya, sebentar saja.
  4. Jika sudah selesai tata dengan rapi di dalam toples yang sudah di sediakan.
  5. Campurkan 300-500 garam dengan 2 liter air di dalam wadah yang lain, aduk-aduk sampai garamnya larut, kemudian tuangkan ke dalam toples yang ada telurnya dan masukkan juga semua bumbu-bumbu geprek tadi.
  6. Jika telur yang di rendam air garam menjadi mengapung, itu sudah pasti semua telur yang di rendam di dalam air yang mengandung garam pasti mengapung, tetapi ada solusinya yaitu dengan menyiapkan kantong plastik berukuran ¼ lalu isi dengan air ½ saja, itu berfungsi untuk menindih telur supaya dapat tenggelam sepenuhnya di dalam air, dan pastikan seluruh bagian telur terendam di dalam air, kemudian tutup dengan rapat toplesnya dan biarkan selama kurang lebih 12 hari, setelah 12 hari baru bisa di buka dan di coba.
  7. Tapi Jika bunda mau yang lebih “Masir” serta"Berminyak" biarkan telur tersebut selama 3 minggu dan nanti hasilnya akan lebih awet dan tahan lama.


Untuk memasak telurnya sebelum di rendam di air garam, bunda bisa memasaknya dengan direbus dalam air yang mendidih di atas api sedang selama 1 jam, atau di kukus juga bisa dengan durasi lama waktunya sama, selama 1 jam.

Tips :
  • Setelah telur di kukus atau direbus segera masukkan es batu kedalamnya dan biarkan sampai Es nya mencair,gunanya untuk rasa telurnya akan lebih punel /keset, selamat mencoba....