Rahasia Resep Baceman Bawang Putih

Nasi goreng adalah salah satu makanan favorit mayoritas masyarakat Indonesia, buat yang ingin mencoba membuat nasi goreng special yang enak dan nikmat perlu tau nih rahasianya. Rahasia membuat nasi goreng enak adalah Baceman Bawang!

Sumber via : Dapur yucin
  • Novi🍒 mommy Fayyaz Novi🍒 mommy Fayyaz
  • Ikuti
  • Bahan-bahan
  • 100 gram Bawang Putih (20-25 siung)
  • 1 buah Kemiri

Langkah
  1. Kupas dan cuci bawang putih, tiriskan sampai kering. Kalau perlu dibalut pake tissue dan biarkan seharian sampai benar-benar kering. Jangan ada air satu tetespun
  2. Haluskan kemiri, tumbuk kasar bawang putih
  3. Masukkan ke dalam toples kaca
  4. Tambahkan minyak goreng sampai menutup seluruh permukaan bawang putih
  5. Tutup rapat kedap udara. Biarkan sampai berfermentasi
  6. Tunggu sampai minimal 24 jam dan siap untuk digunakan bisa untuk nasi goreng, bakmi jawa, sambal goreng dan berbagai macam tumisan lain
  7. Catatan : 
  8. *Bisa disimpan sampai sebulan, asal rapat kedap udara. Makin lama berfermentasi makin enak, walaupun begitu ada baiknya membuat baceman bawang yang tidak terlalu banyak (kira2 1-2 minggu habis), agar dapat baceman bawang yg selalu fresh.
  9. *Dalam seminggu sebaiknya tetap di suhu ruang, selebihnya baru bisa masuk kulkas.
  10. *Sebaiknya beri sendok khusus didalamnya agar tidak terkontaminasi tetesan air dan bahan lainnya jika pakai sendok yg lain.

Cara pakai : 
  1. Ambil bawang + minyak secukupnya dg sendok, lalu tumis bersama bumbu tambahan lain sesuai jenis masakan dan selera anda. Baceman bawang hanya sebagai pengganti bawang putih saja agar rasa dan aromanya lebih sedap. Jika minyak dalam toples sudah menyusut atau hampir habis bisa tambahkan minyak lagi.