Cara Membuat Sushi Jepang Ala Indonesia Enak Praktis

Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Nasi yang digunakan untuk membuat sushi pada umumnya mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.


Selain enak dimakan begitu saja, sushi akan terasa enak bila dimakan dengan mencelupkannya terlebih dahulu ke dalam kecap asin / soy sauce. Sushi yang merupakan kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi. Ini merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawet ikan yang disebut gyosho yang membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi atau ampas sake.

Zaman dahulu sushi dibuat dengan teknik-teknik mengepal nasi yang dikuasi para ahli sushi yaitu Hon tegaeshi, Ko tegaeshi, Tate gaeshidan Oyayubi nigiri. Berdasarkan kekuatan tangan sewaktu mengepal, bentuk nasi bisa berupa bentuk silinder (tawaragata), kotak persegi empat (hakogata), dan kapal (funegata). Namun karena berkembangannya zaman banyak orang yang menciptakan mesin sushi yang terbentuk dari kayu maupun dari bambu, alat itu di buat untuk memudahkan para pemula membuat sushi sehingga para pemula mendapatkan bentuk yag memuaskan.

Saat ini cara membuat sushi atau makanan sejenis kuliner Jepang ini seperti kimbap / kimbab / Gimbap ala Korea sangat mudah. Karena saat ini ada papan penggulung sushi / Bambo mat yang memudahkan ketika proses penggulungan. Jadi saat ini sangat mudah membuat sushi / rice rolls sendiri di rumah. Untuk sushi Jepang asli isiannya kebanyakan dengan bahan mentah dan itu tidak di sukai oleh orang Indonesia.
Dengan ini pun banyak orang Indonesia yang ingin mencicipi sushi dengan versi Indonesia yang ramah di lidah. Misal isian diganti dengan telur dadar, sosis, nugget, wortel rebus, buncis, daging, ayam, sayuran rebus dan lain sebagainya. Semua isian sushi ini pastinya disukai oleh orang Indonesia bahkan anak-anak sekalipun. Jadi cocok deh buat menu bento saat piknik atau untuk bekal anak ke sekolah.

Dengan ini ResepAsik.com pun akan membagikan resep sushi Jepang ala Indonesia dengan isian yang ramah di perut dan dilidah orang Indonesia. Namun sebelumnya kami akan jelaskan terlebih dahulu jenis-jenis sushi yang ada di Jepang. Mari di simak!
Jenis-jenis sushi yang terkenal dijepang.

1. MAKIZUSHI

Sushi berupa gulungan nasi berisi potongan mentimun, tamagoyaki dan lauk lain yang dibungkus lembaran nori. Nasi digulung dengan bantuan sudare (anyaman bambu bentuk persegi panjang).

MAKIZUSHI dibagi menjadi 3 Yaitu :

Temakizushi : nasi digulung sendiri dengan nori sebelum dimakan, neta juga dipilih sendiri dari piring.
Hosomaki : gulungan berdiameter minimum 3 cm hanya berisi satu jenis lauk (misalnya mentimun atau tuna).
Futomaki : gulungan berdiameter di atas 5 cm berisi berbagai macam lauk atau isian.
2. CHIRASHIZUSHI

Nasi sushi dimakan bersama neta berupa makanan laut dan sayur-sayuran yang dipotong kecil-kecil. Nasi sushi tidak dibentuk melainkan diisikan ke dalam wadah dari kayu, piring atau mangkuk. Chirashizushi merupakan salah satu masakan rumah yang populer di Jepang untuk memperingati hari-hari istimewa seperti ulang tahun anak-anak dan perayaan Hina Matsuri.

[Sponsor] Belanja Fashion Mewah Jam Tangan/Kacamata/Tas Wanita Harga Murah, Jaminan Kualitas Hanya Di Sini
3. OSHIZUSHI

Nasi disusun bersama lauk yang dipres untuk sementara waktu dengan maksud memadatkan nasi agar sushi yang dihasilkan berbentuk persegi panjang yang lalu dipotong-potong agar mudah dinikmati. Oshizushi ada juga yang dibungkus daun bambu lalu dipres untuk sementara waktu, antara beberapa jam sampai satu malam. Nama-nama oshizushi yang populer antara lain:

Iwakunizushi dari Prefektur Yamaguchi.
Oshizushi ikan Funa dari Prefektur Mie.
Sabazushi berisi ikan kembung yang mempunyai beberapa nama lain seperti battera di Prefektur
Osaka atau bozushi di Kyoto.
Masuzushi di Prefektur Toyama.
Sanmazushi dan Gozaemonzushi dari Prefektur Tottori.
4. INARIZUSHI

Nasi sushi dibungkus aburage yang sebelumnya sudah dimasak bersama kecap asin dan gula. Inarizushi tidak berisi ikan atau lauk lain karena aburage sudah merupakan sumber protein. Inarizushi berasal dari kuil Toyokawa Inari di kota Toyokawa

Nah itulah beberapa ulasan tentang sushi dan jenis-jenis sushi Jepang. Yuk sekarang kita mulai cara membuat sushi Jepang ala indonesia sendiri di rumah. Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Sushi nya.. mari di simak ya bun!

BAHAN SUSHI :

  • Beras pulen 100 gram
  • Beras ketan 50 gram
  • Nori 4lembar
  • Cuka secukupnya
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh
  • Air 3 sendok makan
  • Sosis sapi 4 buah
  • Stik kentanng 8 buah
  • Nugget 4 buah
  • Telur ayam 3 butir
  • Wortel 1 buah

STEP BY STEP CARA MEMBUAT SUSHI :

  1. Siapkan bahan isi, rebus wortel sampe matang, dadar telur jadi 3-4 buah. Goreng nugget, stick kentang dan sosis. Di sini saya gunakan nugget oval, karena cuma itu yang ada didapur ada baiknya gunakan nugget bentuk stik ya.
  2. Selanjutnya aron nasi sebentar setelah itu kukus sampe matang, tambahkan campuran gula, cuka dan garam yang telah dilarutkan dengan 3 sdm air tambahkan kedalam nasi yang dikukus tadi, cicipi agar rasa asam manis dan asin terasa. Setelah matang angkat sisihkan. Kalau ada bisa menggunakan beras Jepang atau beras korea asli ya bun.
  3. Setelah itu ambil 1 lembar nori dan atur nasi panas diatasnya kurang lebih setebal 1/2 cm usahakan jangan menutup nori keseluruhan sisa kan nori di sisi atas bawah tidak isi nasi agar saat menggulung nori dapat terekat dengan baik.
  4. Atur dadar telur diatas nasi Kemudian susun isi dipinggir nasi yang telah ditata di nori mulailah menggulung sushi dengan perlahan sambil dipadatkan. Oya alasi dengan plastik dibawah nori agar lebih gampang digulung, tidak harus dengan bambu yg biasa digunakan untuk mengulung sushi.
  5. Sushi sederhana siap dipotong dan disantap bersama keluarga dan teman dekat. Mantap!
  6. Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Sushi Jepang Ala Indonesia Enak Praktis. Jangan lupa dicoba camilan terbaru dari ResepAsik.com seperti Martabak Manis Ketan Hitam (Martabak Black Sweet) Bandung yang layak untuk dicoba.


Semoga bermanfaat ya bunda 🙂

Sumber : resepasik.com